Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di Google: Panduan Lengkap

Cara Melihat Foto yang Sudah Dihapus di Google: Panduan Lengkap

Apakah Anda pernah menghapus foto dari Google dan sekarang ingin melihatnya kembali? Meskipun Google tidak menyediakan fitur untuk melihat foto yang sudah dihapus secara langsung, ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat foto yang sudah dihapus di Google, sehingga Anda dapat mengembalikannya dengan mudah.

Google memiliki berbagai layanan yang dapat membantu Anda melihat kembali foto yang sudah dihapus, seperti Google Photos dan Google Drive. Selain itu, ada juga peralatan pemulihan data pihak ketiga yang dapat digunakan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan setiap metode dengan detail dan memberikan langkah-langkah yang jelas untuk Anda ikuti. Jadi, jika Anda ingin tahu cara melihat foto yang sudah dihapus di Google, simak terus artikel ini!

Menggunakan Google Photos

Google Photos adalah layanan penyimpanan dan berbagi foto yang disediakan oleh Google. Meskipun Anda telah menghapus foto dari Google, kemungkinan besar foto tersebut masih dapat ditemukan di Google Photos jika Anda pernah memindahkannya ke sana sebelumnya. Caranya, cukup buka aplikasi Google Photos di perangkat Anda atau kunjungi situs web Google Photos dan masuk dengan akun Google Anda. Selanjutnya, cari foto yang ingin Anda pulihkan dan klik tombol unduh untuk mendownloadnya kembali.

Menggunakan Aplikasi Google Photos di Perangkat

Jika Anda memiliki aplikasi Google Photos di perangkat Anda, ini adalah cara termudah untuk melihat kembali foto yang sudah dihapus di Google. Buka aplikasi Google Photos dan pastikan Anda sudah masuk dengan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan saat menghapus foto. Setelah masuk, Anda akan melihat semua foto yang tersimpan di Google Photos. Gulir ke bawah atau gunakan fitur pencarian untuk mencari foto yang ingin Anda pulihkan. Jika foto tersebut muncul, klik pada foto tersebut untuk membuka tampilan penuh. Di tampilan penuh, Anda akan melihat ikon unduh yang terletak di bagian bawah layar. Klik ikon unduh untuk mendownload foto tersebut kembali ke perangkat Anda.

Menggunakan Situs Web Google Photos

Jika Anda tidak memiliki aplikasi Google Photos di perangkat Anda, Anda masih dapat mengakses Google Photos melalui situs web. Buka browser web Anda dan kunjungi situs web Google Photos. Pastikan Anda sudah masuk dengan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan saat menghapus foto. Setelah masuk, Anda akan melihat semua foto yang tersimpan di Google Photos. Cari foto yang ingin Anda pulihkan dengan menggunakan fitur pencarian atau dengan menggulir ke bawah. Jika foto tersebut muncul, klik pada foto tersebut untuk membuka tampilan penuh. Di tampilan penuh, Anda akan melihat ikon unduh yang terletak di pojok kanan atas. Klik ikon unduh untuk mendownload foto tersebut kembali ke perangkat Anda.

Mencari di Google Drive

Jika Anda menggunakan Google Drive untuk menyimpan foto Anda, ada kemungkinan bahwa foto yang sudah dihapus masih ada di sana. Google Drive adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang disediakan oleh Google, dan sering digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file, termasuk foto.

Menggunakan Fungsi Pencarian di Google Drive

Untuk melihat foto yang sudah dihapus di Google Drive, buka Google Drive dan pastikan Anda sudah masuk dengan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan saat menghapus foto. Setelah masuk, Anda akan melihat semua file yang tersimpan di Google Drive. Gunakan fungsi pencarian yang disediakan oleh Google Drive untuk mencari nama file atau kata kunci terkait dengan foto yang ingin Anda temukan. Misalnya, jika Anda mencari foto pernikahan, cukup ketik "pernikahan" dalam kotak pencarian dan tekan Enter. Google Drive akan menampilkan semua file yang terkait dengan kata kunci tersebut. Jika foto yang ingin Anda pulihkan muncul dalam hasil pencarian, klik kanan pada foto tersebut dan pilih opsi "Unduh" untuk mendownloadnya kembali ke perangkat Anda.

Menggunakan Fungsi Filter di Google Drive

Selain menggunakan fungsi pencarian, Anda juga dapat menggunakan fungsi filter yang disediakan oleh Google Drive untuk mempersempit pencarian Anda. Fungsi filter memungkinkan Anda untuk memilih jenis file tertentu yang ingin Anda lihat. Untuk mencari foto yang sudah dihapus, klik pada opsi "Filter" atau "Sortir" yang biasanya terletak di atas daftar file di Google Drive. Pilih opsi "Foto" atau "Gambar" untuk memfilter hanya file-file foto yang ditampilkan. Setelah memilih opsi tersebut, Google Drive akan menampilkan hanya file-file foto yang tersimpan di akun Anda. Gulir ke bawah dan lihat apakah foto yang ingin Anda pulihkan masih ada di sana. Jika iya, klik kanan pada foto tersebut dan pilih opsi "Unduh" untuk mendownloadnya kembali ke perangkat Anda.

Memulihkan dari Google Photos Trash

Google Photos memiliki fitur "Trash" yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara untuk foto dan video yang dihapus. Ketika Anda menghapus foto dari Google Photos, foto tersebut tidak langsung dihapus secara permanen. Sebaliknya, foto tersebut akan dipindahkan ke folder Trash dan tetap ada di sana selama 60 hari sebelum secara otomatis dihapus secara permanen.

Membuka Google Photos Trash

Untuk melihat apakah foto yang ingin Anda pulihkan masih ada di Trash, buka Google Photos dan pastikan Anda sudah masuk dengan akun Google yang sama dengan akun yang digunakan saat menghapus foto. Setelah masuk, klik pada ikon "Menu" yang biasanya terletak di pojok kiri atas layar. Pada menu yang muncul, gulir ke bawah dan cari opsi "Trash" atau "Tempat Sampah". Klik pada opsi tersebut untuk membuka Trash di Google Photos.

Mengembalikan Foto dari Google Photos Trash

Jika foto yang ingin Anda pulihkan masih ada di Trash, Anda dapat mengembalikannya ke koleksi Anda dengan mudah. Di dalam Trash, Anda akan melihat semua foto dan video yang telah dihapus. Gulir ke bawah untuk mencari foto yang ingin Anda pulihkan. Jika foto tersebut muncul, pilih foto tersebut dengan mengklik pada foto tersebut. Setelah memilih foto, klik pada ikon "Restore" atau "Pulihkan" yang biasanya terletak di pojok kanan atas layar. Google Photos akan mengembalikan foto tersebut ke koleksi Anda dan foto tersebut akan kembali dapat dilihat dan diunduh.

Menggunakan Peralatan Pemulihan Data

Jika metode-metode di atas tidak berhasil dalam mengembalikan foto yang sudah dihapus di Google, Anda dapat mencoba menggunakan peralatan pemulihan data pihak ketiga. Peralatan pemulihan data adalah perangkat lunak yang dapat memindai perangkat Anda dan mencari file yang hilang atau dihapus. Beberapa peralatan pemulihan data yang populer termasuk Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan DiskDigger. Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan perangkat lunak pemulihan data tersebut.

Menggunakan Recuva

Recuva adalah salah satu perangkat lunak pemulihan data yang populer dan mudah digunakan. Anda dapat mengunduh dan menginstal Recuva dari situs web resminya. Setelah diinstal, buka Recuva dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. Misalnya, jika Anda ingin memulihkan foto, pilih opsi "Pictures" atau "Gambar".

2. Pilih lokasi di mana foto tersebut terhapus. Jika Anda tidak yakin, pilih opsi "I'm not sure" atau "Saya tidak yakin".

3. Klik pada tombol "Start" atau "Mulai" untuk memulai pemindaian. Recuva akan memindai perangkat Anda untuk mencari file yang hilang atau dihapus.

4. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang ditemukan oleh Recuva. Cari foto yang ingin Anda pulihkan dalam daftar tersebut. Jika foto tersebut muncul, tandai kotak di sebelah kanan foto tersebut.

5. Setelah Anda menandai semua foto yang ingin dipulihkan, klik pada tombol "Recover" atau "Pulihkan". Recuva akan memulai proses pemulihan dan mengembalikan foto-foto tersebut ke lokasi yang Anda tentukan.

Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard adalah perangkat lunak pemulihan data yang memiliki banyak fitur dan dapat memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard:

1. Unduh dan instal EaseUS Data Recovery Wizard dari situs web resminya.

2. Buka EaseUS Data Recovery Wizard dan pilih lokasi di mana foto Anda terhapus. Anda dapat memilih lokasi tertentu atau memilih opsi "Complete Recovery" atau "Pemulihan Lengkap" untuk memindai seluruh perangkat Anda.

3. Klik pada tombol "Scan" atau "Pindai" untuk memulai proses pemindaian. EaseUS Data Recovery Wizard akan memindai perangkat Anda dan mencari file yang hilang atau dihapus.

4. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Cari foto yang ingin Anda pulihkan dalam daftar tersebut.

5. Jika foto yang ingin Anda pulihkan ditemukan, tandai kotak di sebelah kiri foto tersebut.

6. Setelah Anda menandai semua foto yang ingin dipulihkan, klik pada tombol "Recover" atau "Pulihkan". EaseUS Data Recovery Wizard akan memulai proses pemulihan dan mengembalikan foto-foto tersebut ke lokasi yang Anda tentukan.

Menggunakan DiskDigger

DiskDigger adalah perangkat lunak pemulihan data yang dapat digunakan untuk memulihkan foto yang sudah dihapus di Google. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan DiskDigger:

1. Unduh dan instal DiskDigger dari situs web resminya.

2. Buka DiskDigger dan pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda ingin memulihkan foto, pilih opsi "Pictures" atau "Gambar".

3. Pilih lokasi di mana foto tersebut terhapus. Jika Anda tidak yakin, pilih opsi "Dig Deep" atau "Mendalam".

4. Klik pada tombol "Start Basic Photo Scan" atau "Mulai Pemindaian Foto Dasar" untuk memulai pemindaian. DiskDigger akan memindai perangkat Anda dan mencari file yang hilang atau dihapus.

5. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Cari foto yang ingin Anda pulihkan dalam daftar tersebut.

6. Jika foto yang ingin Anda pulihkan ditemukan, tandai kotak di sebelah kiri foto tersebut.

7. Setelah Anda menandai semua foto yang ingin dipulihkan, klik pada tombol "Recover" atau "Pulihkan". DiskDigger akan memulai proses pemulihan dan mengembalikan foto-foto tersebut ke lokasi yang Anda tentukan.

Menghubungi Dukungan Google

Jika semua metode di atas tidak berhasil dalam mengembalikan foto yang sudah dihapus di Google, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi dukungan Google. Dengan menghubungi dukungan Google, Anda dapat menjelaskan masalah Anda dan memberikan detail sejelas mungkin tentang foto yang ingin Anda pulihkan. Mereka mungkin memiliki solusi atau saran yang dapat membantu Anda dalam memulihkan foto yang sudah dihapus.

Mengunjungi Situs Web Dukungan Google

Untuk menghubungi dukungan Google, kunjungi situs web dukungan Google dan cari opsi untuk menghubungi tim dukungan. Biasanya, terdapat opsi "Hubungi Kami" atau "Kirim Permintaan Bantuan" yang dapat Anda klik. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan permintaan bantuan atau menghubungi tim dukungan Google melalui email atau obrolan langsung.

Memberikan Detail yang Jelas dan Lengkap

Sebelum menghubungi dukungan Google, pastikan Anda memberikan detail yang jelas dan lengkap tentang foto yang ingin Anda pulihkan. Berikan informasi tentang tanggal dan waktu foto dihapus, tempat penyimpanan foto sebelum dihapus (misalnya Google Photos atau Google Drive), dan keterangan apa pun yang dapat membantu tim dukungan Google dalam memahami situasi Anda. Semakin lengkap dan jelas informasi yang Anda berikan, semakin besar kemungkinan mereka dapat membantu Anda dalam memulihkan foto yang sudah dihapus.

Melihat kembali foto yang sudah dihapus di Google tidak selalu mudah, tetapi dengan menggunakan metode-metode di atas, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mengembalikan foto-foto berharga yang mungkin terhapus secara tidak sengaja. Selalu ingat untuk menyimpan salinan cadangan dari foto-foto penting Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data di masa depan. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam memulihkan foto yang sudah dihapus di Google!